Trending

Termasuk Tipe Apakah gaya belajar kamu?

CARI TAHU GAYA BELAJAR KAMU


Dari cara kita memasukkan informasi ke dalam otak melalui lima pancaindra, kita mengenal ada lima gaya belajar:
1. Visual (penglihatan)
2. Auditori (pendengaran)
3. Tactile/kinestetik (perabaan/gerakan)
4. Olfactori (penciuman)
5. Gustatoni (pengecapan)

Idealnya, dalam proses belajar kita harus dapat menggunakan kelima gaya belajar tersebut, Namun, pada kenyataannya situasi tidak memungkinkan kita untuk melakukan hal ini. Dari kelima gaya belajar itu, ada tiga gaya belajar yang dominan dan yang paling Sering digunakan, yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Pada umumnya, oranq jarang menggunakan hanya satu gaya belajar. Jarang ada orang yang hanya belajar secara visual, atau hanya secara ouditori, atau hanya secara kinestetik Biasanya akan ada kombinasi antara visual dan ouditori, atau ouditori dan kinestetik, atau brhkan kombinasi antara
ketiga gaya belajar ini.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa jumlah orang yang belajar secara visual 27%, auditori 34%, dan kinestetik 39%. Hal inii menjawab pentanyaan mengapa banyak sekali murid yang rnengalami kesulitan belajar.

Pernahkan kamu mengalami suatu keadaan di mana kamu merasa bahwa guru yang satu sangat pintar mengajar, sedangkan guru yang lain tidak begitu bisa mengajar? Padahal teman kamu merasa tidak punya masalah dengan cara mengajar kedua guru tersebut? Jika kamu pernah mengalami hal ini, maka sekarang kamu tahu jawabannya, yaitu ternyata guru yang pertama mempunyai gaya mengajar yang cocok dengan gaya belajar kamu.

Perlu dipahami bahwa gaya belajar terdiri dan dua bagian, yaitu gaya belajar yang bersifat ekstennal dan internal. Gaya belajar yang bersifat eksternal bergantung pada materi atau media dan luar diri kita sebagai sumber informasi. Sedangkan gaya belajar yang bersifat internal bergantung pada kemampuan kita dalam mengolah pikiran dan imajinasi.


INGIN BELAJAR MENJADI MEYENANGKAN DAN EFEKTIF..??

Langkah awal untuk membuat proses belajar menjadi Iebih menyenangkan dan lebih cepat adalah dengan mengerti gaya belajar kamu sendiri. Langkah kedua adalah dengan mengetahui gaya belajar yang paling efisien dan materi yang ingin kamu pelajari. Bila kedua gaya ini saling mendukung, maka akan sangat mudah dan praktis dalam belajar dan mengingat kembali apa yang telah kamu pelajari.


QUIZ

UNTUK MENGETAHUI GAYA BELAJAR YANG KAMU SUKAI, jawablah 36 pernyataan berikut ini. Catat saja nomornya, mana pernyataan yang kamu setujui, jika tidak sesuai dengan kamu lewatkan aja. ”PERHATIAN” Untuk mendapatkan hasil yang tepat JAWABLAH PERNYATAAN DENGAN JUJUR


  1. Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset dari pada membaca buku.
  2. Jika saya mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca instruksinya terlebih dulu.
  3. Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan kuliah.
  4. Saat saya seorang diri, saya biasanya memainkan musik atau lagu atau bernyanyi.
  5. Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku.
  6. Saya selalu dapat menunjukkan arah utara atau selatan di mana pun saya berada.
  7. Saya suka menulis surat atau jurnal.
  8. Saat saya berbicara, saya suka mengatakan, “Saya mendengar Anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus.”
  9. Ruang belajar, kamar tidur, atau rumah saya biasanya berantakan tidak teratur.
  10. Saya suka merancang, mengerjakan, dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya.
  11. Saya tahu hampir semua kata-kata dan lagu yang saya dengar.
  12. Ketika mendengar orang lain berbicara, dalam pikiran saya biasanya membuat gambar dari apa yang orang lain katakan.
  13. Saya suka olahraga dan saya fikir saya adalah olahragawan yang baik.
  14. Mudah sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telepon.
  15. Bagi saya tanpa musik, hidup amat membosankan.
  16. Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja.
  17. Saat melihat objek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali objek yang sama walaupun posisi objek itu diputar atau diubah.
  18. Saya biasanya mengatakan, “Saya rasa, saya perlu menemukan pijakan atas hal ini atau saya ingin bisa menangani hal ini”.
  19. Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar di dalam pikiran saya.
  20. Saat mengingat suatu pengalaman, saya sering kali mendengar suara dan berbicara pada diri saya mengehal pengalaman itu.
  21. Saat mengingat suatu pengakiman, saya sering kali ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu.
  22. Saya lebih suka musik dari pada seni lukis.
  23. Saya sering mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon, disuatu pertemuan, mendengarkan pidato, pada saat guru menerangkan dll
  24. Saya Iebih suka melakukon contoh peragaan danipada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian.
  25. Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan cerita.
  26. Saya biasanya berbicara dengan perlahan.
  27. Saya lebih suka berbicara daripada menulis.
  28. Tulisan tangrn saya biasanya tidak rapi.
  29. Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca pada buku yang saya baca. 
  30. Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiransaya. 
  31. Saya suka mengeja dan saya fikir saya pintar mengeja kata-kata.
  32. Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saya saat saya sedang menonton televisi.
  33. Saya suka mencatat perintah atau instruksi yang disampaikan kepada saya.
  34. Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang dikatakan orang.
  35. Saya paling mudah belajar sambil mempraktekkan.
  36. Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama.

Catat & lingkarilah angka dibawah ini sesuai dengan pernyataan di atas, yang kamu pilih. Jumlahkan untuk setiap kategori. Jumlah yang terbesar itulah gaya belajar kamu. Misalnya, pada gaya belajar Visual, Anda melingkari jawaban nomor 2, 6, 7, dan 12. Maka skor Total Anda adalah 4 (karena Anda memilih 4 nomor). Demikian seterusnya. Yang perlu diingat, kamu mungkin saja menggunakan lebih dan satu gaya belajar.





Gaya Belajar Visual
2 3 6 7 12 17
19 23 25 30 31 33

TOTAL : _______





Gaya Belajar Auditori
1 4 8 11 14 15
16 20 22 27 32 34

TOTAL : _______










Gaya Belajar Kinestetik
5 9 10 13 18 21
24 26 28 29 35 36

TOTAL : _______








sumber : http://husnulmutiajamil.blogspot.sg/2014/04/cari-tahu-gaya-belajar-kamu.html

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form