Ketika kita berinteraksi dengan google adsense kita akan
mengenal beberapa istilah yang sering kita jumpai ketika memantau perkembangan
pendapatan adsense yang kita miliki, beberapa istilah tersebut diantaranya
adalah Page Impression, CPC, CTR, CPM dan eCPM, sebenarnya istilah
tersebut adalah informasi analisa yang di berikan oleh google adsense untuk
para publishernya, menanyangkut data yang berkaitan dengan penghasilan adsense
yang mereka dapatkan.
#1.
Page View
Page View / Page impression atau impressi bisa kita terjemahkan
"Tampilnya halaman", adalah jumlah yang menunjukan berapa kali
halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung blog atau
situs, nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada
halaman tersebut, jika iklan yang kita letakan pada halaman yang ditampilkan
berjumlah 3 buah unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali,
maka Page impressionnya tetap saja adalah 10.
Istilah Impression bukan hanya pada google adsense, namun istilah ini
dikenal juga untuk webmaster tool, jika di google adsense impression adalah
jumlah halaman yang mengandung unit iklan adsense tampil, sedangkan untuk di
webmaster istilah impression berkaitan dengan julah halaman ditemukan oleh
mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian, semakin
banyak impression maka itu menunjukan bahwa halaman dalam blog kita mudah
ditemukan oleh mesin pencari.
#2.
Click
Untuk mendifinisikan klik yang berkatan dengan unit iklan adsense
adalah bahwa klik disini mengandunga arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh
oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.
#2.
CPC (Cost Per Click)
CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, CPC
(Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang
iklan) untuk tiap klik iklannya, setiap kali iklan adsense tersebut di klik
pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan
tersebut. semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita
mendapatkan dollar dari iklan tersebut.
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense,
diantaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber
pengunjung dan lain sebagainya
Google sangat merahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya
advertiser dan pihak google adsense saja yang lebih tau mengenai nilai CPC
untuk tiap unit iklannya, namun untuk saat ini ada tool yang bisa kita gunakan
untuk memprediksi nilai CPC, nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda satu sama
lain tergantung dari kata kunci tertentu, salah satu tool yang sangat
recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih
dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush.
#3.
CTR (Click Through Rate)
CTR (Click throught rate) adalah perbandingan dalam bentuk persentase
unuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang
bersangkutan tampil, jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan
tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung
sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan
mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan
tersebut adalah 1%.
Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, prilaku normal
klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi google maupun
publisher untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan,
nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari
itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jikal nilai CTR
lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal,
kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada
iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus terus memantau dan mewaspadai
jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan
nilai besar atau lebih dari 100%, jika terindikasi adanya tindakan kecurangan
atau bomklik maka resikonya adalah akun adsense kita dibanned, nilai CTR diatas
100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil.
#4.
RPM (Rvenue Per Thoushand Impression)
RPM adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher
dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya.
Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan
memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah
penghasilan /(impressi/1000)]= (200/(50.000/1000)=200/50=4.
#5.
Estimated Earning
Estimated Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang kita peroleh
dari iklan adsense yang kita pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali
antara Jumlah click dengan CPC, semakin besar nilai CPC maka akan semakin
bersar pula estimated earning yang akan kita peroleh, kemudian juga semakin
banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang kita
peroleh.
Demikian beberapa istilah yang bisa saya bagiakan untuk anda
mengenai Page Impression, CPC, CTR dan eCPM Adsense, semoga bisa
membantu.
Tags
Technology